ads

ads header

Breaking News

Masalah THR Tidak Ada Pengaduan Perusahaan Harap Taati Kewajiban


Cimahi, Media3.id - Posko pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 2019 Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Cimahi Sampai Detik ini tidak menerima pengaduan. Hal itu diharapkan menunjukkan kesadaran pengusaha dapat membayar kewajiban kepada karyawannya sudah terpenuhi.

"Sampai posko ditutup tidak ada pengaduan dari pekerja terkait pembayaran THR," ujar Sekretaris Disnaker Kota Cimahi Asep Herman.

Menurut Asep, tidak adanya pengaduan ini mengindikasikan seluruh perusahaan di Kota Cimahi telah memenuhi hak karyawan, yaitu membayarkan THR.

Posko pengaduan THR merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam mendorong perusahaan memenuhi salah satu kewajiban mereka, yakni memberikan THR kepada karyawan. Pasalnya, pemberian THR merupakan hal wajib yang sudah diatur oleh pemerintah.

Posko pengaduan untuk mengantisipasi persoalan THR, seperti adanya pengusaha yang tidak memberikan THR kepada karyawan sesuai ketentuan.
"Sejak jauh-jauh hari, kami mengingatkan seluruh perusahaan untuk membayar THR karyawan sesuai aturan. Meski dalam aturan disebutkan bahwa pembayaran THR paling lambat tujuh hari sebelum Lebaran, namun perusahaan diminta tidak menunda-nunda pembayaran THR," ucapnya.

Ditambahkan Asep, bahwa jumlah perusahaan yang ada di Kota Cimahi mencapai 593. Rinciannya, 131 perusahaan besar, 91 perusahaan sedang, dan 371 perusahaan kecil. Ratusan perusahaan itu memiliki kewajiban membayar THR bagi 82.296 orang karyawan se-Kota Cimahi, sesuai ketentuan.

"Kami siap menerima pengaduan.  jika ada perusahaan yang tidak membayar THR karyawannya. Tapi sampai hari ini tidak ada pengaduan, saya rasa aman," katanya. (Bagdja)

No comments