ads

ads header

Breaking News

Mantan Bupati Bogor Keluar dari Penjara, sang Istri Lolos ke Senayan


BOGOR, media3.id - Mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin (RY) yang juga kakak dari Bupati Bogor saat ini Ade Yasin kini menghirup udara bebas setelah keluar dari penjara LP Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Rabu (8/5/2019) kemarin. RY bebas setelah hampir 5 tahun dipenjara karena kasus korupsi atau tepatnya suap tukar lahan kawasan hutan lindung seluas 2.754 hektare untuk PT Bukit Jonggol Asri (BJA), Kabupaten Bogor, Jawa Barat. RY setelah pengajuan cuti menjelang bebas (CMB) dipenuhi, seharusnya, RY baru bisa keluar tahanan pada September 2019 mendatang.

"Hari ini adalah hari bersejarah setelah cuti panjang selama 5 tahun bisa berkumpul lagi dengan keluarga. Satu catatan saya pulang belum bebas," tutur RY di acara buka bersama dengan ratusan warga di rumahnya di Dramaga Tanjakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, RY menjelaskan, dirinya bisa pulang hari itu karena dirinya mendapatkan keistimewaan yakni cuti selama tiga bulan.

Selama masa cuti itu, RY menyebutkan tidak banyak larangan. Dia hanya lapor ke Bapas di Loji Bogor saja, satu bulan sekali. "Larangan khususnya cuma satu, jangan melanggar hukum, kalau hukum itu kan normatif. Nanti saya lapor ke Bapas di Loji di Bogor sebulan sekali," katanya. Dalam kesempatan itu, RY pun menceritakan, meski waktu yang dihabiskan di LP Sukamiskin cukup lama, hampir 5 tahun, tetapi dia tidak merasakan stres sedikit pun. "Saya tidak stres sama sekali tidak ada waktu untuk saya stres di sana. Karena setiap hari saya banyak menerima dukungan kunjungan dari warga Bogor. Sepanjang di Sukamiskin menjalani hukuman, mondok tidak kurang dari satu hari tiga bus yang datang," ungkapnya.

Sementara itu, kabar lain datang dari istrinya yang lolos melenggang ke Senayan. Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi KPUD Kabupaten Bogor yang baru saja berakhir, Elly Rachmat Yasin, istri RY, melenggang ke Senayan. Suara Elly yang maju dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sudah memenuhi suara dari Dapil V Kabupaten Bogor untuk menjadi anggota DPR RI. Bupati Bogor Ade Yasin dalam sambutannya mengatakan, baginya hari itu juga merupakan hari yang berharga dan bersejarah. "Ini hari yang berharga dan bersejatah kami bersyukur kalau hari ini pak RY pulang ke rumah ini yang ditunggu-tunggu oleh kita," sebut Bupati Bogor.

Dia mengatakan, sejak pagi, siang hingga sore, tamu sudah berbondong-bondong. "Sangat terkesan, ini sesuatu yang membahagiakan karena kami lengkap sekarang. Karena kemarin kami sempat kehilangan. Walaupun dekat Bogor dengan Bandung, kalau engga ada rasanya kurang. Beliau seperti ayah. Sepeninggal Apa Ayah saya, beliau mengganti peran seorang bapak untuk adik-adiknya," jelasnya. Bupati Ade menjelaskan, peran ayahnya ini berhasil diambil alih RY dengan hasil yang luar biasa. "Terhadap adik dan keluarganya semua yang bekerja didorong untuk berkarir. Yang bekerja di bidang lain didukung dan di politik didorong sepenuh hati. Ini langka bagi keluarga lain," kata Bupati Ade. (BMS)

No comments