ads

ads header

Breaking News

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Beberapa Kecamatan Di Selimuti Debu Vulkanik

Gunung Api  Sinabung kembali erupsi dan menunjukkan keperkasaannya

Tanah Karo, media3.id - Setelah kurang lebih setahun tak lagi erupsi, tadi pagi gunung Sinabung yang terletak di dataran tinggi kabupaten karo, provinsi sumatera utara, pada hari Selasa (07/05/2019) pukul 07:48 WIB kembali menunjukkan keperkasaan nya,  dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 4.460 m di atas permukaan laut). 

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara, aktivitas erupsi Sinabung terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 42 menit 49 detik yang menimbulkan hujan abu di berbagai tempat di kabupaten Karo.

Saat ini Sinabung berada pada status Level IV (Awas) selanjutnya pihak dari PVMBG pos pengamatan gunung Sinabung yang terletak di desa Ndokum siroga, kecamatan Simpang empat merekomendasikan kepada masyarakat dan pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari kawah Sinabung  untuk sektor Utara , Barat, 4 km untuk sektor Selatan, Barat, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan , Tenggara, didalam jarak 6km untuk sektor Tenggara, Timur serta didalam jarak 4 km untuk sektor Utara dan bagian timur.

Diharapkan kepada masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar mewaspadai potensi banjir lahar terutama pada saat terjadi hujan lebat," beber Petugas Badan Geologi, PVMBG
Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung

Sejumlah aparat dari TNI/Polri memberikan pelayanan pembagian masker kepada masyarakat .

Akibat dari erupsi gunung Sinabung beberapa desa yang terkena/dampak letusan Sinabung yang memuntahkan abu vulkanik Sinabung antara lain di Kec. Namanteran yang meliputi Desa Naman, Desa Suka Tepu, Desa Suka Ndebi dan desa Desa Ndeskati, selanjutnya di kec.Simp.Empat yang mencakup  Desa Perteguhen, DesaNdokum Siroga, Desa Bulan Baru, Desa Gajah, Desa Torong.


Hujan abu vulkanik yang sama juga di alami daerah Kec. Merdeka yang meliputi Desa Deram, Desa Ujung Teran dan Desa Sada Perarih, dalam kejadian erupsi Gunung sinabung Sampai Saat ini belum ada ditemukan Korban Jiwa maupun Korban Materil.

Menyikapi kejadian tersebut tampak Personil dari  Polres Tanah Karo, bersama unsur TNI KODIM 0205/TK dan BPBD Karo langsung terjun ke daerah terdampak dan tampak sibuk membagikan masker kepada masyarakat, Menyiraman abu vulkanik Yang menutupi jalan umum.

Ran Water Cenon milik polres, Ran Damkar milik Pemkab  Karo tampak di turunkan guna mengurangi resiko debu yang menyelimuti jalanan karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan akibat debu yang beterbangan, Aparat dari TNI/Polri juga menghinbau dan melarang masyarakat untuk beraktifitas di Zona Merah.

(Daris Kaban)

No comments