ads

ads header

Breaking News

Talk Show Inspiratif Kuliah Dengan 0 Rupiah Sukses Digelar Kota Banjar


Kota Banjar, media3.id - Di tahun 2019 ini, tepatnya tanggal 20 Februari Kota Banjar memasuki usia yang ke-16. Dan tema Hari Jadi ke-16 Kota Banjar tahun ini adalah “Bersama Masyarakat Kita Wujudkan Banjar Berseri". Sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam memeriahkan Hari Jadi ke-16, sekelompok warga Kota Banjar yang mengatasnamakan sebagai Komunitas Pecinta Literasi (Komplit) mengadakan kegiatan Talk Show Inspiratif bertema “Kuliah dengan 0 Rupiah".

Kegiatan diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 Februari 2019, bertempat di Gedung Dakwah Islam Kota Banjar. Dengan narasumber Agus Supriyadi, mahasiswa doktoral di fakultas  Geography  of Science Nanjing Normal University Tiongkok. Founder Gerakan Indonesia Membantu, penulis buku,  dan PNS Kota Banjar. Dia juga anggota tim penulis kajian investasi Tiongkok di Indonesia.

Menurut Agus Supriyadi, saat  ini  sedang melakukan penelitian di bidang ekonomi geografi dan  kemiskinan  di Indonesia. Bersama  dengan beberapa diaspora Indonesia dari beberapa  negara  Asia dan Eropa yang  tergabung dalam Gerakan Indonesia Membantu. Saat ini dia juga sedang menulis kisah inspiratif para pelajar dan mantan pelajar yang bertujuan memberikan kisah inspiratif bagi  masyarakat  Indonesia.

"Dengan tema “Kuliah dengan 0 Rupiah" talkshow ini membangkitkan rasa penasaran para peserta yang sebagian besar adalah para pelajar SMA, SMK, MA, serta santri dari Pondok Pesantren. Hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan terkait tips untuk mendapatkan beasiswa agar bisa melanjutkan pendidikan tanpa mengeluarkan biaya. Karena masih banyak diantara pelajar SLTA yang berprestasi tidak dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi karena terbentur masalah biaya." Jelasnya.

Sementara itu menurut Rifki Prayogi panitia, masalah itu dikupas tuntas oleh Agus Supriyadi, dalam paparannya yang juga merupakan pengalaman pribadi, bagaimana perjuangan yang dia lakukan dalam keterbatasan ekonomi orang tua untuk bisa kuliah di perguruan tinggi.

"Dia menceritakan kegigihan dan keuletannya dalam mencari dan menemukan informasi beasiswa. Setelah didapat dia berusaha untuk bisa lolos seleksi yang dipersyaratkan oleh lembaga pemberi beasiswa. Pengalaman Agus inilah yang menjadi inspirasi para peserta talkshow." Ungkapnya.

Acara yang berlangsung dari jam 9 pagi ini dihadiri juga oleh Ketua Komplit Rifqi Prayogi, yang dalam sambutannya menyampaikan rasa optimismenya terhadap perkembangan literasi warga Kota Banjar terutama di kalangan pelajar.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Komplit dengan Ikatan Remaja Masjid Agung (IRMA) Kota Banjar, serta bantuan dari beberapa pihak yang memberikan partisipasinya. Setelah berjalan sekitar 2 jam, talkshow pun diakhiri dengan sesi pembagian doorprize, sertifikat, dan foto bersama. (Red)

No comments