ads

ads header

Breaking News

Peduli 5K, Pemcam Sumberjaya Kembali Galakkan Jumsih


Majalengka, media3.id - Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Sumberjaya Kabupaten Majalengka  kembali menggalakkan swadaya dan gotong royong  melalui gerakan Jumat Bersih (Jumsih).

Camat Sumberjaya Kabupaten Majalengka Oman Suratman menyebutkan, Kegiatan Jumsih dilakukan secara keliling, tiap hari jumat. Pemcam melakukan kunjungan ke satu desa, sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Menurutnya, Jumsih merupakan cerminan program Kebersihan, Keamanan, Ketertiban, Keindahan dan Kekeluargaan (5K).

Diakuinya, Jumsih merupakan kegiatan rutin dilingkungan Pemcam Sumberjaya  yang dilaksanakan secara kontinyu oleh seluruh perangkat dari mulai tingkat Muspika sampai ke tingkat RT/RW.

" Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di lintas sektoral aparatur dan lembaga pemerintahan sampai ke lapisan Masyarakat," paparnya.

Dikatakannya, Jumsih  bertujuan untuk menjaga lingkungan mulai dari kantor pemerintahan  sampai pelosok lingkungan  agar terlihat bersih dan indah.

Selain itu menurutnya, Kegiatan Jumsih merupakan rangsangan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekaligus memberikan motivasi kepada semua masyarakat yang berada di sekitar wilayah kecamatan sumberjaya agar tetap menjaga kebersihan untuk menuju keluarga yang lebih sehat dan berkualitas.


Kegiatan ini rutin tiap sepekan sekali kegiatannya antara lain memangkas dan menebang pohon yang mengganggu jalan  desa maupun jalan lingkungan,  membersihkan rumput dan sampah juga membersihkan selokan.

Dengan Jumsih selain lingkungan menjadi bersih juga dapat menumbuhkembangkan swadaya atau gotong royong masyarakat sekitar.

" Kalau lingkungan bersih masyarakat pun menjadi nyaman," katanya.

Pihaknya mengajak seluruh elemen baik lembaga vertikal, pihak swasta hingga masyarakat umum, ikut  membersihkan lingkungan pada  setiap hari jumat, "ucap Oman, saat memimpin kegiatan Jumsih di desa Panjalin Lor, Jumat (1/3/2019).

Dia mengatakan, suatu daerah akan maju bila tertata rapi dan lingkungannya juga bersih. Untuk mewujudkannya semangat swadaya dan gotong royong harus terus digelorakan. (Nano).

No comments