ads

ads header

Breaking News

Pasca Banjir Lumpur Di Kampung Beko Desa Bumiwangi , Muspika Kec Ciparay Lakukan Kerja Bhakti


Media3,Id Kab Bandung- Pasca Banjir lumpur setinggi 30 Cm, di wilayah Rw 04 kampung Beko desa Bumiwangi kecamatan Ciparay kabupaten Bandung, dampak dari curah hujan cukup tinggi,dan terjadinya kerusakan lingkungan,berasal dari  Selokan Cibagendi kampung Pojok Barugbug  Kamis(21/2) sore, menyebabkan akses jalan penghubung desa Bumiwangi dan desa Gunungleutik untuk sementara tertutup lumpur.

 Menyikapi hal tersebut ,Kepala Desa Bumiwangi, Drs Rudiya Trisanjaya  bersama warganya serta Seluruh Jajaran Muspika kecamatan Ciparay, Jumat(22/2) pagi melakukan kerja bakti membersihkan sisa air lumpur.
 Dijelaskan Rudi, saat di wawancara crew Media3,Id" Kami beserta warga dan jajaran Muspika kecamatan Ciparay, melakukan kegiatan kerja bhakti membersihkan sisa lumpur yang menutupi jalan kampung Beko, akibat musibah terjadinya erosi tanah yang terjadi pada kamis sore( 22/2), akibat curah hujan yang cukup tinggi intesitasnya.



 Alhamdulilah karena ini sudah merupakan tanggungjawab kami pemerintah desa Bumiwangi berikut warga yang di bantu Camat Ciparay, dan pihak Kepolisian Sektor Ciparay serta Koramil 0906 Ciparay, air lumpur yang menutup akses jalan di RW 04 kampung Beko bisa segera teratasi, dan sekarang akses jalan desa sudah normal kembali," jelasnya.
 Lebih lanjut Rudi mengatakan," Guna mengatasi hal tersebut, kedepannya, kami akan mengoprasikan dan mengaktifkan kembali Cekdam( Bendungan) yang sudah tidak aktif, atau bisa juga membuat embung," tegasnya.

 Disebutkan Rudi," Saya selaku kepala Desa Bumiwangi, mengucapkan terimakasih kepada para pemangku jabatan yang sudah membantu dan begitu peduli terhadap masyarakat desa Bumiwangi.

  Ditempat yang sama Kapten Inf  Ujang Mulyana selaku Komandan Rayon Militer 0906 Ciparay, berharap kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama selalu waspada dan menjaga lingkungan dari hal-hal yang di luar dugaan terjadinya musibah longsor atau pun musibah lainnya.

 Cara yang paling efektip yakni masyarakat di himbau untuk tidak.membuang sampah sembarangan ke Daerah Aliran Sungai, karena akan tersumbatnya saluran air berdampak banjir,akibat curah hujan yang cukup tinggi, selain di daerah Ciparay bisa di sebut rawan longsor, namun demikian saya dan anggota Koramil 0906 selalu siap dan siaga bilamana terjadi bencana." Tandasnya.

 Hal senada di katakan Yusuf Supriatana S.Sos, M.Si, menurutnya," Dengan adanya kegiatan kerja bhakti ini, semoga bisa lebih terjalin lagi Sinergitas antara Forkompicam Ciparay dengan Pemerintah desa Bumiwangi berikut masyarakatnya.
 Pesan saya selaku Camat Ciparay, berharap kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungannya masing-masing," Pungkasnya. ( Arbim)

No comments