ads

ads header

Breaking News

Kemenag Majalengka Bakar 3.300 Pasang Buku Nikah Dan 520 Buku Register


MAJALENGKA, media3.id - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Majalengka memusnahkan 6.600 buku nikah dan 520 buku register yang sudah tidak digunakan lagi.

Pemusnahan dengan cara membakar itu, di pimpin langsung Kepala Kemenag Kabupaten Majalengka, Yayat Hidayat, di halaman kantor Kemenag setempat, Rabu (27/2/2019).

"Saat ini kami telah melakukan pemusnahan  6.600 buah buku nikah atau 3.300 pasang buku nikah dan 520 buku register, dengan cara dibakar" ungkap Kepala Kemenag Kabupaten Majalengka, H Yayat Hidayat kepada media.id.

Menurutnya, pembakaran buku nikah tersebut, berdasarkan surat dari Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor : 828/SJ/B.III.3/KS.01.6/02/2018, tanggal 02 Februari 2018, perihal persetujuan pemusnahan blanko nikah.

Dikatakannya, pembakaran buku nikah dan buku register dilakukan karena buku- buku itu sudah tidak digunakan lagi sebagai mana pungsinya, sehingga tidak dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

"Ini sebagai implikasi terbitnya blanko yang baru, sehingga blanko yang lama dimusnahkan dan hal ini merupakan langkah tepat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti, penyalahgunaan buku nikah dan kejahatan lainnya dalam pencatatan pernikahan," pungkasnya. (Nano)

No comments