ads

ads header

Breaking News

Kades Beber MD, Untuk Mencari Penggantinya Dilakukan Pilkades PAW


Majalengka, media3.id -  Pasca meninggalnya Kepala Desa (Kades) Beber Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka, Almarhum Kostaman pada November tahun lalu. Melalui musyawarah Pemilihan Kades Pergantian Antar Waktu (Pilkades PAW)  guna mencari pengganti Kades yang tepat.

Pada Kamis (28/2/2019),  digelar Pilkades PAW bertempat di Aula kantor balai desa setempat.

Dalam Pilkades PAW tersebut, dari tiga kandidat, yakni nomor urut 1 Hapidh Fachrudin, nomor urut 2 Nurhakim dan nomor urut 3 Dasman. Akhirnya
peserta musyawarah yang beranggotakan 81 orang yang merupakan perwakilan dari warga masyarakat desa beber memilih  nomor turut 1 Hapidh Fachrudin untuk memimpin empat tahun kedepan.


Dalam musyawarah tersebut disepakati, bahwa untuk menentukan pilhannya peserta musyawarah sejumlah 81 orang itu dalam menyampaikan suaranya melalui cara voting tertutup. Dimana masing masing peserta musyawarah yang berasal dari unsur Pamong Desa, BPD, Ketua TP PKK, Ketua Karang Taruna dan para tokoh baik tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, tokoh agama dan tokoh petani, menuliskan nama atau nomor urut calon atau nama kades, di atas kertas putih yang telah di sediakan panitia.

Musyawarah peserta dalam rangka memilih kades antar waktu dimulai jam 07.00.WIB dan berakhir  jam 9.30 WIB.

Sepanjang pelaksanaan voting ruangan aula tertutup untuk umum dan dijaga ketat pihak keamanan baik Polisi, Koramil, Pol PP dan aparatur keamanan lainnya.Namun walau tertutup pihak panitia menyiarkan secara langsung dan bisa ditonton melalui layar proyektor yang terpasang di ruangan balai desa.

Tepat Jam 9.00 WIB Ketua Panitia Pilkades PAW, Syahbudin membuka kotak suara untuk dilakukan penghitungan kertas suara. Dari hasil penghitungan yang disaksikan langsung oleh ketiga calon Kades antar waktu, calon nomor urut 1 yakni Hapidh Fachrudin memperoleh suara terbanyak yakni 45 suara. Disusul oleh calon nomor urut 3. Dasman memperoleh 35 suara dan Nurhakim calon kades nomor urut 2 memperoleh 1 suara. Dengan demikian calon kades nomor urut 1 yakni Hapidh Fachrudin dinyatakan pemenang dalam Pilkades PAW tersebut.

Camat Ligung Maman Komarudin mengucapkan selamat kepada Hapidh Fachrudin selaku Kades PAW terpilih.

Pihaknya berharap, Kades yang baru saja terpilih semoga bisa menjalankan  tugasnya dengan baik setelah resmi dilantik nanti. Ucapan terimakasih juga disampaikan Camat Maman kepada kedua calon kades yang pada saat ini ikut berdemokrasi secara santun.

"Menang kalah adalah hal yang biasa dalam suatu pemilihan, namun kesatuan dan persatuan harus tetap dijaga serta wajib bersama sama membangun Desa Beber yang kita cintai ini," ungkapnya.

Ditempat yang sama, Hapidh Fachrudin selaku kades terpilih juga  menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Desa Beber, khususnya kepada peserta musyawarah yang telah memberikan kepercayaannya untuk menuntaskan kepemimpinan di Desa Beber sampai 2023. Kemenangan ini adalah kemenangan masyarakat Desa Beber.

"Dari itu mari kita bersatu padu untuk membangun desa yang kita cintai ini serta lupakan perbedaan pilihan yang baru saja terjadi," paparnya.

Ditegaskannya, kedepan dirinya akan merangkul semua komponen masyarakat, termasuk kedua rekannya yakni Dasman dan Nurhakim untuk bersama sama membangun Desa Beber. Karena membangun sebuah desa tidak akan bisa oleh Pemdes saja, tapi semua elemen masyarakat harus terlibat.

"Saya akan melanjutkan program pembangunan yang telah disusun oleh Almarhum Kades Kostaman yang tertuang Dalam RPJMDes, " pungkasnya. (Nano)

No comments