ads

ads header

Breaking News

Diduga Terlibat Korupsi, Dua Oknum Mantan Kades Diseret Ke Ranah Hukum


MAJALENGKA, media3.id - Dua Oknum mantan Kepala Desa (Kades) harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dihadapan hukum. Pasalnya, Polisi telah menetapkannya sebagai tersangka atas dugaan terlibat kasus tindak pidana korupsi (Tipikor).

Kedua oknum Kades tersebut  yakni berinisial BD (57) mantan Kades Cigaleuh, Kecamatan Lemahsugih dan SD (60) mantan Kedes Cihaur, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka.



“ Kasus Tipikor yang menyeret dua Kades itu, sudah tahap 2, dan hari ini kita limpahkan ke Kejaksaan Negeri Majalengka, ungkap Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono, melalui Wakapolres, Kompol Hidayatullah didampingi Kasat Reskrim, AKP M Wafdan Muttaqin, Kamis (21/2/2019) dihadapan media.

Menurutnya, BD diduga korupsi atas dana bantuan Dana Desa (DD) tahun 2016 tahap II dan dana bantuan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016 tahap II dan III serta dana bantuan Infrastruktur Perdesaaan tahun 2016.

“Modus operandi yang dilakukan para tersangka ini, diduga tidak menyalurkan bantuan sesuai dengan proposal dalam pengajuan tersebut. Sehingga mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp195.748.603,” paparnya.



Sedangkan, tersangka SD diduga terjerat kasus korupsi lantaran tidak menyalurkan dana bantuan ADD pada tahun 2016 tahap I sesuai dengan proposal pengajuan dan daftar rencana penggunaannya. Akibat kasus tersebut, Negara mengalami kerugian sebesar Rp. 85.767.500.

“Barang bukti yang berhasil disita adalah sejumlah dokumen. Dan akibat perbuatan tersebut, kedua tersangka akan dikenakan pasal pasal 2 dan atau pasal 3 dan atau pasal 9 UU RI No 31 tahun1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” pungkasnya.(Nano)

No comments