ads

ads header

Breaking News

10 Ribu KPM Kecamatan Ciparay Mendapatkan BPNT 2019


Media3, Id kab Bandung – Sebanyak 10 Ribu keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah  kecamatan Ciparay kabupaten Bandung,terdiri dari 14 Desa, untuk bulan januari 2019, mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang merupakan program Kementerian Sosial sebagai pengganti program Beras Sejahtera (Rastra).

  “KKS BPNT (Kartu Keluarga Sejahtera Bantuan Pangan Non Tunai) merupakan bagian dari bansos pangan yang di dalamnya ada bansos Rastra dan BPNT.

   Dijelaskan, Ade Rudi  Koordinator Pendamping PKH kecamatan Ciparay,"  program pemerintah pusat ini memberikan voucher setiap bulannya kepada KPM sebesar Rp 110 ribu untuk ditukarkan dengan barang yang masuk kategori pangan. Besaran disesuaikan dengan harga beras yang diterima sebesar 7 kg beras dan 1 kg telur.

  Adapun barang kategori non pangan yang bisa dibelanjakan oleh KPM hanya ada dua jenis. Selain beras, juga berupa telur ayam. “Tidak boleh minyak goreng. Harus bahan pangan. Telur sama beras saja,” tutur Ade Rudi.



  Caranya, masyarakat penerima BPNT diberikan sebuah kartu yang dapat dipergunakan menukarkan di Agen E-Warung setempat, Setiap bulannya,  110 ribu masuk kartu tersebut untuk kemudian dibelanjakan oleh penerima manfaat. 

 “Pembelanjaannya itu melalui  E- warung yang sudah ditunjuk BNI dan tiap penyaluran di awasi langsung oleh pihak kepolisian,dan Babinsa Koramil 0906 Ciparay.

  Menurutnya, KKS BPNT ini sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan kondisi ekonomi warga miskin dengan keterampilan berusaha, tentunya melalui pembinaan Dinas Sosial. Ini bisa dilihat dari mereka-mereka yang menjadi agen e-Warung, dimana sebagian besar merupakan warga miskin," tambahnya.

 Alhamdulilah untuk penyaluran program ini, berjalan lancar, aman dan terealisasi dengan baik sesuai aturan yang sudah di tetapkan Kemensos," pungkasnya.
 ( Arbim)

No comments